Gambar 1.0 Logo Instagram


Sosial media merupakan sebuah platform yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat didunia. Salah satu platform tersebut adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah platform sosmed yang berisi tempat kita membagikan foto maupun video kepada teman kita. Lalu apa jadinya jika data - data yang ada pada akun Instagram kita disalahgunakan oleh orang lain ?.


Apalagi jika follower kita semakin banyak, tentu peluang untuk mempromosikan bisnis kamu juga semakin besar keberhasilannya. Namun, apa jadinya jika akun yang sering kamu gunakan untuk melakukan bisnis tiba-tiba tidak bisa kamu buka? 


Tentu kamu sangat bingung dan panik. Dan jika kamu mengalami hal demikian, maka ini artinya akun kamu terkena hack atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Lakukan beberapa hal berikut agar akun anda terhindar dari bahaya hacking.

  1. Buatlah sebuah password yang rumit

    Password yang rumit sangat membantu kita dalam melindungi akun kita. Akan tetapi , kita juga harus membuat password yang mudah diingat agar tidak terjadi lupa password pada akun kita.

  2. Hindari memasukan data pada web phising

    Salah satu hacker mencari data - data kita adalah dengan cara menggunakan sebuah website palsu yang menyerupai website aslinya sehingga kita terpancing untuk memasukan akun kita kedalam website tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel mengenai Web Phising pada artikel kami sebelumnya.


Dan cara menghindari hack akun Instagram yang terakhir yaitu dengan selalu waspada dan sebaiknya hindari situs atau link tidak jelas yang tiba-tiba masuk ke akun kamu. Biasanya situs atau link tersebut akan meminta kamu untuk meng-klik-nya.

Dan apa yang terjadi setelah kamu meng-klik tautan tidak jelas tersebut? Yang terjadi adalah kamu secara tidak sengaja telah mengirimkan informasi privasi kamu kepada hacker. Dan dengan begitu, maka hacker akan bisa leluasa keluar-masuk ke akun kamu.